Thursday, April 1, 2010

Belajar Ballet

(sumber: http://ballet.bailamos-dance.com)

Ballet adalah sebuah seni tari istimewa yang dengan tarian pada umumnya menggunakan langkah, gerakan, musik, kostum dan tata rias, serta set panggung untuk bercerita. Untuk dapat menarikan jenis tari yang telah berumur lebih dari 400 tahun ini diperlukan latihan yang tidak ringan. Ballet terdiri dari kombinasi tarian-tarian solo (menari sendiri), pase deux atau duet (menari berdua), dan tarian bersama (menari dengan jumlah penari yang banyak) yang para penarinya tergabung dalam corps de ballet.

Yang membuat ballet spektakuler dan berbeda dari jenis tari lain adalah para ballerina-nya memakai pointe shoes atau toe shoes saat menari. Menari sambil berjinjit dengan mengenakan sepatu yang keras membuat ballet menjadi spektakuler. Tentu saja menari dengan mengenakan pointe shoes harus ditunjang dengan bentuk kaki yang lurus serta teknik yang tinggi.

Berlatih ballet, baik dimulai saat masih anak-anak atau saat dewasa dimulai dari dasar. Semua pemula akan mempelajari dasar-dasar ballet termasuk cara berdiri yang benar membentuk poin, dan gerakan-gerakan dasar lain yang tidak memerlukan teknik tinggi. Dalam berlatih ballet diperlukan disiplin yang tinggi. Kedisiplinan tersebut akan merangsang pola pikir dan sikap mental positif dari anak bahwa untuk mencapai suatu tujuan , kita perlu usaha, proses, dan ketekunan.



Untuk menunjang kelancaran proses belajar, sebaiknya dalam berlatih ballet menggunakan :
Leotard agar dapat bergerak bebas. Leotard harus pas dipakai di badan sehingga postur dan kesalahan gerakan dapat terlihat.

Skirt/Tutu biasanya hanya dipakai di kelas awal sebagai media belajar untuk membantu pembentukan posisi tangan dan lengan dalam ballet.

Stocking untuk menopang bagian tubuh (pinggang kebawah) yang kurang kencang dan memperjelas bentuk kaki.

Sepatu ballet terdiri dari soft shoes dan pointe shoes. Soft shoes digunakan oleh siswa pemula. Sedangkan pointe shoes digunakan untuk tingkat yang lebih tinggi (tergantung rekomendasi guru). Semua sepatu ballet harus benar-benar pas di kaki, karena jika tidak akan mempersulit gerakan.

Rambut diikat rapi dan tidak menutupi wajah agar tidak mengganggu dan dapet memperjelas mimik muka. Pada saat menari ballet disarankan tidak menggunakan perhiasan atau assecoris.

Belajar ballet itu tidak mudah, diperlukan ketekunan dalam melewati setiap tahanan sehingga terbentuk postur dan teknik gerakan yang indah. Karena itu belajar ballet tidak dapat dilakukan sembarangan atau asal-asalan. perhatikan setaip detil teknik, karena teknik dasar sangat penting. Semua orang bisa menjadi ballerina, asalkan mau disiplin, sabar dan bekerja keras.

1 comment:

  1. Wah blog nya keren banget, informasi yang ditampilkan juga sangat informatif, Kami juga sangat ingin turut memajukan tari Ballet Indonesia, lewat Sekolah Ballet kami yaitu http://balletmdagunungsahari.blogspot.com
    Maju terus Ballet & Jazz Indonesia, Maju terus Anis. . . .

    ReplyDelete